Samsat Keliling

Bagi anda yang sibuk untuk mengurus perpanjangan STNK atau SIM di Kantor Samsat wilayah masing-masing kenapa tidak mencoba memperpanjang di Samsat Keliling yang setiap hari beroperasi di 5 wilayah Ibu Kota.

samsat kel 1

Sebelum mengunjungi samsat keliling, pastikan dulu lokasi Bis Samsat Keliling akan menetap pada hari tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengirimkan sms ke 1717 yang isinya menanyakan lokasi SIM dan STNK keliling.

Contoh sms yang penulis pernah kirimkan pada saat akan memperpanjang pajak tahunan STNK adalah “Selamat pagi, hari ini mobil STNK Keliling ada dimana saja?” dan tidak berapa lama sms balasan akan diterima di handphone anda. Berikut adalah sms balasan yang saya terima saat itu,

“SIM&STNK:JS:TMP X-BATA,JP:LTC GLODOK(sim)/PELNI GJH MADA(stnk), JU:MM.PLUIT,JB:CAREFOUR PURI KEMBANGAN(stnk)/COPILAS JOGLO(sim),JT:MAKRO PS.REBO,jam08.30-12.00″

JU:Jakarta Utara, JP: Jakarta Pusat, JU: Jakarta Utara, JB: Jakarta Barat dan JT: Jakarta Timur.

Tidak semua Bis keliling tersebut menerima pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor, ada juga yang melayani perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi). Hal tersebut bisa dilihat dari keterangan yang terdapat pada balasan sms tersebut.

Selain SMS, info Samsat Keliling juga bisa dilihat di website TMC polda Metro. Oh iya, Samsat Keliling ini hanya melayani warga DKI saja, artinya jika STNK atau SIM yang ingin diperpanjang atas nama penduduk luar DKI, seperti Tangerang, Depok, Bekasi, dsb, maka perpanjangan tidak bisa dilakukan di Samsat Keliling ini, harus ke Samsat setempat.

samsat kel 2

Saat ini saya hanya menjabarkan proses perpanjangan STNK atau pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Samsat Keliling. Perlu saya ingatkan bahwa Samsat keliling hanya menerima perpanjangan pajak tahunan saja, Jika sudah harus mengganti plat nomer maka harus diurus di Samsat tempat di terbitkannya STNK.

Proses Pembayaran Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor:

1. Pengambilan Formulir

Ambil formulir pendaftaran dengan menunjukkan BPKB, STNK dan KTP Asli (sesuai dengan nama yang tertera di STNK), letaknya di pintu depan Mobil Samsat Keliling

Photobucket

Pengambilan formulir ini tidak dipungut biaya apapun, namun untuk pengisian formulir tersebut kita harus menyediakan pulpen sendiri, karena di meja untuk pengisian tidak disediakan pulpen, kalau mau beli pulpen di bagian pendaftaran di atas jual kok Rp 2.000 saja.

2. Penyerahan Formulir

Formulir yang sudah diisi dan ditanda tangan kemudian diserahkan ke bagian pendaftaran dengan melampirkan STNK+Bukti pembayaran tahun sebelumnya (Surat Ketetapan pajak Daerah PKB/BBN-KB dan SWDKLLJ), BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor), dan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
Dokumen yang saya sebutkan tadi juga diminta fotokopiannya, jadi sebelum mengurus di Samsat Keliling, ada baiknya dokumen-dokumen tersebut difotokopi, karena Bis Samsat Keliling tidak ada mesin fotokopi.
Dan perlu diingat nama dan alamat pada STNK harus sama pada KTP karena kalau tidak sama maka tidak bisa diurus di sini, harus ke Kantor Samsat langsung.

Photobucket

Setelah dicek antara BPKB, STNK dan KTP, maka BPKB asli langsung dikembalikan sedangkan KTP asli dan STNK asli masih “dipinjam” untuk proses lebih lanjut.

3. Pembayaran

Setelah proses nomer 2 di atas, kita harus menunggu beberapa menit untuk proses administrasi yang dilakukan Staf Samsat di dalam bis tersebut. Tidak berapa lama Kita dipanggil di loket Pengambilan STNK, dan kita akan diberi Resi/Invoice 4 rangkap yang berisi jumlah uang yang harus dibayarkan di loket Kasir.

Photobucket

Di loket kasir kita harus mengantri lagi untuk membayar Pajak STNK, tapi jangan khawatir, antriannya tidak lama. Setelah proses pembayaran selesai kita akan menerima kembali 2 rangkap Resi/Invoice yang sudah di cap dan tanda tangan (warna putih dan merah).

4. Pengambilan STNK dan KTP

Dari loket Kasir kita harus menunggu lagi untuk proses akhir, yaitu pengambilan STNK dan KTP serta bukti pembayaran pajak tahunan. Hal ini juga tidak memakan waktu yang lama, Nama pemilik kendaraan yang tertera di SNTK akan dipanggil. Dengan menukarkan Resi/Invoice warna merah maka kita akan menerima kembali STNK dan KTP asli serta Bukti Pembayaran pajak Tahunan (Surat Ketetapan pajak Daerah PKB/BBN-KB dan SWDKLLJ). Total waktu yang saya butuhkan untuk mengurus semua ini cuma 45 menit.

Tips untuk Perpanjangan Pajak Kendaraan bermotor di Samsat Keliling :

1. Datang pagi
2. Fotokopi dulu STNK, BPKB dan KTP
3. Bawa pulpen sendiri
4. Pastikan nama dan alamat di STNK sama dengan di KTP
5. Tidak ada biaya tambahan apapun selain yang tertera di Invoice
6. Tidak perlu beli map
7. Bagi yang motornya bukan atas nama sendiri, tidak perlu Surat Kuasa, cukup meminjam KTP yang bersangkutan aja

Dan perlu diingat :
Samsat Keliling hanya untuk perpanjangan pajak tahunan bukan penggantian STNK atau penggantian Plat nomer

Semoga informasi ini bermanfaat… :)

About these ads

About deddypurnama

Simple Person
This entry was posted in Birokrasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s